Aloon-Aloon Tulungagung_

Aloon-Aloon Tulungagung
Kali ini kita akan membahas tentang Aloon-Aloon Tulungagung yang dulunya bernama "Taman Wicitra Kusuma" . Menurut Sumber Wikipedia pengertian dari Aloon-Aloon 
adalah (dulu ditulis aloen-aloen atau aloon-aloon) merupakan suatu lapangan terbuka yang luas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan dan dapat digunakan kegiatan masyarakat yang beragam.di buat oleh fatahillah, Menurut Van Romondt (Haryoto, 1986:386), pada dasarnya alun-alun itu merupakan halaman depan rumah, namun dalam ukuran yang lebih besar. Penguasa bisa berarti raja,bupati, wedana dan camat bahkan kepala desa yang memiliki halaman paling luas di depan Istana atau pendopo tempat kediamannya, yang dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat sehari-hari dalam ikwal pemerintahan militer,
perdagangan, kerajinan dan pendidikan.


Lebih jauh Thomas Nix (1949:105-114) menjelaskan bahwa alun-alun merupakan lahan terbuka dan terbentuk dengan membuat jarak antara bangunan-bangunan gedung. Jadi dalam hal ini, bangunan gedung merupakan titik awal dan merupakan hal yang utama bagi terbentuknya alun-alun. Tetapi kalau adanya lahan terbuka yang dibiarkan tersisa dan berupa alun-alun, hal demikian bukan merupakan alun-alun yang sebenarnya. Jadi alun-alun bisa di desa, kecamatan, kota maupun pusat kabupaten.

Pada awalnya Alun-alun merupakan tempat berlatih perang (gladi yudha) bagi prajurit kerajaan, tempat penyelenggaraan sayembara dan penyampaian titah (sabda) raja kepada kawula (rakyat), pusat perdagangan rakyat, juga hiburan seperti Rampokan macan yaitu acara yang menarik dan paling mendebarkan yaitu dilepaskannya seekor harimau yang dikelilingi oleh prajurit bersenjata.


Potret Aloon-Aloon Sebelum Berganti Nama
Aloon-Aloon Tulungagung atau dulu dinamakan Taman Kusuma Wicitra beralamat di Jl. RA Kartini, Kampungdalem, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66212 merupan tempat favorit keluarga untuk menghabiskan akhir pekan bersama kelurga tercinta , Taman Aloon-Aloon ini dijadikan tempat favorit keluarga karena taman ini sangat cocok untuk anak-anak . Ada berbagai macam penyewaan mainan anak-anak disana . Terdapat dua taman disini yaitu Taman Aloon-Aloon itu sendiri dan Taman R.A Kartini yang terletak diutara Taman Aloon-Aloon nanti kita akan bahas tentang Taman R.A Kartini dan Pendopo Aloon-Aloon .

Sayang disayang kini Aloon-Aloon Tulungagung banyak pedagang kali lima dan "gepeng" yang bebas bekeliaran disekitar taman yang merusak pemandangan , padahal disebelah utara taman Aloon-Aloon terdapat kantor Satpol PP . Seharusnya pemerintah membuka atau mendirikan kios-kios kecil yang tertata rapih supaya para pedagang tatap bisa berjualan . Bukan hanya itu banyak tong sampah yang sudah sangat tidak layak , misalnya tidak ada penadahnya . Jadi saat kita membuang sampah otomatis sampah akan jatuh keluar lagi dan menjadi berantakan . Mau tidak mau pengunjung membuang sampah disitu walapun sebenarnya percuma karena sampah langsung berantakan . Semoga saja Pemerintah setempat segera memperbaiki keadaan ini supaya Taman Alon-Aloon menjadi lebih baik .










\